Ini Sungai Kami

Photobucket
Apakah pemandangan diatas indah? Kalau menurut saya indah bahkan sangat indah, tapi tentu saja kalau tanpa sampah, kalau rumputnya dirapikan, dan kalau air sungainya jernih. Saya sangat prihatin dengan keadaan sungai diatas, sangat prihatin dengan sampah yang menumpuk, dan sangat prihatin dengan bau sampah yang menyengat, tapi apa yang bisa saya lakukan? Sebenarnya banyak, pertama saya bisa mengambil sampah satu-persatu dari sungai, kemudian mengumpulkannya, kemudian membuangnya ke TPS. Kedua, kalau saya tidak berani untuk melakukan hal yang pertama, saya bisa mengajak orang-orang untuk bergotong-royong, saya bisa menghubungi ketua RT/RW supaya mengerahkan warganya untuk membersihkan sampah dari sungai. Ketiga saya bisa berdoa supaya ada orang yang tergerak hatinya untuk membersihkan sampah tersebut. Tapi, semua hal diatas hanya bersifat penanggulangan, bukan melakukan pencegahan. Artinya, kalau kita hanya membersihkan tetapi tidak mencegah, semua itu hanya sia-sia, atau bersifat sementara, lama-kelamaan sampah pasti sudah menunmpuk lagi. Jadi, sebelum sampah menumpuk di sungai, sebaiknya kita mencegah, supaya sampah tidak dibuang ke sungai. Sayangilah lingkungan, karena kita hidup di lingkungan.

Categories: Curhat, Lingkungan | Tag: | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Ini Sungai Kami

  1. ane juga turut prihatin gan, dengan keadaan sungai seperti ini.
    tapi kalau boleh ane kasih saran – jangan hanya prihatin saja gan
    beraksilah dan gerakan kepedulian masyarakat sekitar.

    salam kenal

    • tapi alhamdulillah sekarang sudah ada perubahan karena inisiatif warga sekitar, cuma belum di posting. Salam kenal juga.

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

